Maemunah,S.Ag.M.Pd

Pengawas Pendidikan Guru Agama Islam(SMP) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di Serang, pernah belajar di IAIN SGD Serang dan IAIB Serang Banten. Pernah meng...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar dari Pengalaman

Belajar dari Pengalaman

#Tantangan Gurusiana menulis hari ke 50 (13 Juli 2020)

Belajar dari Pengalaman

Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku yang terjadi akibat dari stimulus yang diberikan kepada sesorang dengan menggunakan latihan penguatan. Atau belajar juga bisa diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat dari perubahan tingkah laku seseorang. Sesorang bisa dikatakan belajar ketika mereka mengetahui bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapi. Belajar tidak hanya terpacu pada pulpen dan buku, namun belajar juga muncul dari pengalaman pribadi

Sejatinya, belajar merupakan sebuah proses, dimana seseorang dapat merubah pola pikir dan tingkah lakunya agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pengalaman dapat membimbing sesorang menuju kejalan yang benar. Namun apa yang terjadi pada kisah Arman seorang OB disebuah perusahaan tempat dia bekerja. Semua perusahaan ada kontrak kerja,dimana didalam kontrak kerja itu pasti ada aturan atau perjanjian yang dibuat pihak perusahaan dan ditandatangani oleh Arman. Salah satu kontrak kerja itu berisi: Jika karyawaan sakit dan tidak masuk kerja harus ada pemberiatahuan atau surat keterangan sakit dari dokter.

Namun hal itu tidak dilakukan oleh Arman sampai tiga hari berturut-turut tidak masuk kerja, tanpa keterangan. Otomatis perusahaan langsung menggatinya dengan orang lain. Setelah tiga bulan Arman datang kembali diperusahaan itu minta kerja kembali dan menceritakan kisahnya bahwa dia ga masuk karena sakit. Salah satu staf perusahaan tersebut menjelaskan aturan dan kontrak kerja yang pernah ditanda tangani telah dilanggar. Padahal sebelum ditandatangani surat kontrak itu sudah dijelaskan dan harus dipatuhi.Akhirnya Arman pulang tanpa hasil dan itu sudah terjadi yang ketiga kalinya, seharusnya Arman belajar dari pengalaman yang telah terjadi padanya. Pengalaman menjadi pembelajaran agar tidak terjadi kefatalan yang mengakibatkan jadi pengangguran.

Cilegon 13 Juli 2020

Salam Literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post